Acara sholawat dan pengajian akbar di Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Acara sholawat dan pengajian akbar di Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menutup Semarak Ramadan 1440 H dengan menggelar sholawat dan pengajian akbar bersama Jamaah Nuuruth Tauhid, di Kampus 1 Unisba Blitar, Jalan Mojopahit Kota Blitar, Selasa (21/5/2019) malam. Acara ini sekaligus dalam rangka memperingati malam Nuzulul Quran.

Pada acara yang dihadiri Rektor Unisba Blitar Drs Soebiantoro, MS.i bersama jajaran Rektorat disampaikan tausiah oleh Ustad Imam Nawawi. Sebelumnya pada sore harinya jelang berbuka puasa acara didahului dengan Khatmil Quran.

Wakil Rektor 1 Unisba Blitar Bidang Akademik, Dr Supriyono mengatakan momentum peringatan Nuzulul Quran dengan tema ‘Hikmah Nuzulul Quran’ ini, diharapkan semakin memantapkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat mengenai pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Al Quran.

“Peringatan Nuzulul Quran kita buka dengan Khotmil Quran, ini merupakan upaya kita agar mahasiswa membiasakan membaca Al Quran dan memahami Al Quran,” ungkap Supriyono.

 

Dijelaskannya, membaca dan memahami Al Quran sudah merupakan program dari Islamic Learning Society Unisba Blitar. Lewat program ini, rutin setiap pagi mulai pukul 07.00 hingga 08.00 Unisba Blitar mengajak mahasiswanya untuk membaca Al Quran sebelum memulai perkuliahan.

“Di sisi lain ini juga untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mereka selalu mendasari perilaku dan perbuatan dengan nilai-nilai Islam,” imbuhnya.

Puncak acara Semarak Ramadan ditutup dengan sholawatan yang berlangsung khusyu. Menurut Supriyono, sholawatan ini bertujuan untuk melembutkan hati mahasiswa, mencintai Rasul dan membentuk perilaku dan pikiran yang positif.

“Membumikan sholawat berarti melekatkan sholawat kepada manusia. Sholawat jangan sampai jauh dari kehidupan, karena manusia yang jauh dari sholawat akan jauh dari panutan umat, yakni Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” tandasnya.(*)


End of content

No more pages to load