Ilustrasi kemacetan yang terjadi saat mudik lebaran, Kabupaten Malang (Foto::Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Ilustrasi kemacetan yang terjadi saat mudik lebaran, Kabupaten Malang (Foto::Ashaq Lupito / MalangTIMES)



Tradisi mudik saat hari raya Idul Fitri membuat jajaran kepolisian Polres Malang, mempersiapkan diri guna mengantisipasi kemacetan. Selain menyiagakan ratusan personel, Satlantas Polres Malang juga melakukan pemetaan terkait daerah di Kabupaten Malang yang berpotensi terjadi penumpukan volume kendaraan.

“Dari hasil analisa kami, di sepanjang ruas jalan yang ada di Kabupaten Malang terdapat empat titik yang paling riskan terjadi kemacetan,” kata Kasatlantas Polres Malang, AKP William Thamrin Simatupang.

Mantan Kasatlantas Polres Ponorogo ini menambahkan, titik pertama yang diprediksi bakal terjadi kemacetan saat mudik lebaran, diperkirakan bakal terjadi di Jalan Raya Wahidin, Kecamatan Lawang. Tepatnya di kilometer antara 70 - 71.

“Kemacetan dipicu karena ada penyempitan ruas jalan akibat jumlah pengunjung Pasar Lawang yang membludak saat menjelang mudik lebaran. Hal ini tentunya mengakibatkan meningkatnya jumlah  kendaraan yang terparkir. Dampaknya bisa memicu kemacetan, karena parkir kendaraan yang tidak tertib,” terang William.

Lanjut, di kawasan Kecamatan Singosari tercatat ada 2 titik yang marak terjadi kemacetan saat mudik lebaran. Pertama, kemacetan diprediksi bakal terjadi di sepanjang Jalan Raya Singosari, tepatnya di kilometer 77 - 78.

“Di titik ini, pemicu kemacetan masih sama dengan di kawasan Kecamatan Lawang. Yakni terjadi penyempitan jalan akibat pasar tumpah. Akibatnya penumpukan kendaraan bakal terjadi hingga di sepanjang kawasan depan Kantor Pos Singosari,” sambung William.

Masih di seputaran Kecamatan Singosari, kemacetan diprediksi juga terjadi di sepanjang Jalan Raya Karanglo. Tepatnya di kilometer 80 - 81. “Daerah tersebut menjadi jalur titik temu kendaraan dari arah Surabaya, yang hendak menuju ke Kota Malang dan Batu,” tutur perwira polisi dengan tiga balok di bahu ini.

Bergeser dari kawasan Kecamatan Lawang dan Singosari. Di daerah Kecamatan Pakisaji diprediksi juga bakal terjadi kemacetan saat memasuki musim mudik lebaran. Yakni di sepanjang Jalan Raya Kebonagung. Tepatnya di kilometer 115 - 116.

“Lebar jalan yang kurang memadai, menyebabkan kemacetan akibat terjadi penumpukan volume kendaraan dari arah Blitar menuju Malang. Akibatnya, kemacetan panjang diprediksi bakal terjadi di kawasan depan Pabrik Gula Kebonagung,” ujar William.


End of content

No more pages to load