Dua calon mahasiswi baru jalur mandiri tulis melihat denah lokasi yang ada di baliho. (Foto: Humas)

Dua calon mahasiswi baru jalur mandiri tulis melihat denah lokasi yang ada di baliho. (Foto: Humas)



Seleksi ujian mandiri tulis kembali digelar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Ujian kali ini diikuti sebanyak 5.558 peserta. Calon mahasiswa baru (Camaba) tersebut dijadwalkan mengikuti seleksi mandiri Selasa besok (23/7/2019).

Kabag Bagian Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) Hilmy menjelaskan bahwa seleksi mandiri ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu seleksi mandiri tulis, mandiri prestasi, dan mandiri khusus mahasiswa asing. “Pelaksanaan ujian mandiri ini berlokasi di UIN Malang yang tersebar di semua gedung perkuliahan serta beberapa gedung fakultas yang ada di UIN Malang,” terangnya.

Hilmy menjelaskan, proses seleksi mandiri ini rencananya akan diambil sebanyak dua puluh persen saja. Itu artinya 1 kursi diperebutkan lima calon mahasiswa baru. “Dari total 5.558 peserta ujian mandiri ini satu siswa akan bersaing dengan lima siswa untuk merebut satu kursi,” jelasnya. 

Sementara untuk ujian mandiri prestasi diikuti sebanyak 235 peserta. Materi yang diiujikan menyangkut bidang hafalan tahfidz, bidang kesenian, bidang olahraga dan bidang akademik yang juga memperebutkan kursi mandiri dengan peserta jalur seleksi mandiri tulis.

Prestasi hafalan Alquran disyaratkan minimal 10-30 juz, dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga/sekolah/pondok pesantren.

Untuk prestasi akademik disyaratkan memiliki prestasi berupa kejuaraan di bidang Olympiade Science dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dibuktikan dengan sertifikat juara I, II, III, minimal kejuaraan di tingkat Pemerintah Daerah (PEMDA).

Prestasi kesenian disyaratkan memiliki prestasi berupa kejuaraan di bidang Seni Baca Alquran (Qiro’ah) dan Kaligrafi, dibuktikan dengan sertifikat Juara I, II, III minimal kejuaraan di tingkat Pemerintah Daerah (PEMDA).

Prestasi olahraga disyaratkan memiliki prestasi berupa kejuaraan di bidang bola voley, basket, futsal/sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, tae kwondo/karate, dan catur. Juga dibuktikan dengan sertifikat juara I, II, III, minimal kejuaraan di tingkat Pemerintah Daerah (PEMDA). “Rencananya hasil seleksi mandiri ini akan diumumkan 26 Juli 2019 mendatang,” tukasnya. 


End of content

No more pages to load