Jelang Idul Adha di Kabupaten Malang, tidak ditemukan hewan terkena penyakit berbahaya (dok MalangTIMES)

Jelang Idul Adha di Kabupaten Malang, tidak ditemukan hewan terkena penyakit berbahaya (dok MalangTIMES)


Pewarta

Dede Nana

Editor

A Yahya


Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang telah beraksi menyambut hari raya Idul Adha, Minggu (11/08/2019) mendatang. Yakni dengan menggelar pemeriksaan hewan ternak yang diperjualbelikan di berbagai wilayah Kabupaten Malang. Salah satunya yang dilakukan di Desa Lesanpuro, Kecamatan Pakis.

Dari hasil pemeriksaan hewan qurban yang dilakukan, sampai saat ini tidak ditemukan adanya yang terjangkit penyakit berbahaya, seperti anthrax. "Dari pemeriksaan para petugas, misalnya di Lesanpuro, tidak ditemukan anthrax. Tapi untuk hewan qurban yang terjangkiti flu, memang kita temukan," kata Nurcahyo Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Jumat (09/08/2019).

Hewan yang terkena flu dan membuatnya tidak lincah dimungkinkan karena cuaca dingin yang kini menerpa wilayah Kabupaten Malang. Kondisi itulah yang membuat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, dalam pemeriksaan kesehatan hewan yang telah dilakukannya melakukan tindakan. Berupa suntik vitamin kepada hewan-hewan yang mengalami flu. "Kita beri vitamin melalui suntikan untuk hewan yang terkena flu itu," ujar mantan Kepala Disperindag Kabupaten Malang ini.

Nurcahyo juga menegaskan, pihaknya menjamin bahwa hewan-hewan qurban yang diperjualbelikan di wilayahnya merupakan hewan sehat dan aman dikonsumsi masyarakat. "Dari berbagai kasus penyakit hewan qurban, tidak pernah kita temukan penyakit berbahaya seperti anthrax. Tahun ini juga sampai saat ini belum ada laporan petugas di lapangan terkait itu," imbuhnya.

Adanya jaminan kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang juga didasarkan pada rutinitas pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukannya. Dimana, pemeriksaan tidak hanya dilakukan menjelang hari Idul Adha saja. Tapi, dilakukan secara rutin dan telah menjadi program di dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang. "Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan rutin dan jadi program kita. Jadi memang bukan hanya dilakukan menjelang idul Adha saja," pungkas Nurcahyo.


End of content

No more pages to load