Wabup Jember (tengah) bersama dengan dua calon kepala desa Karanganyar Ambulu (foto : mutia / Jatim TIMES)

Wabup Jember (tengah) bersama dengan dua calon kepala desa Karanganyar Ambulu (foto : mutia / Jatim TIMES)



Proses pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap kedua Kamis (12/9/2019) di Jember masih berlangsung. Ada 37 desa yang menggelar Pilkades serentak tahap kedua. Dari jumlah itu, sebagian sudah menyelesaikan penghitungan dan sebagian lainnya masih proses penghitungan.

Menyikapi proses Pilkades yang cenderung kondusif sampai saat ini, Waki Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief berpesan kepada para calon kepala desa terpilih, agar tidak euforia dengan kemenangan yang telah diraihnya.

“Agar tidak terlalu euforia atau menampakkan kegembiraan yang berlebihan, supaya tidak menyinggung perasaan yang lainnya, hal ini semata-mata untuk tetap menjaga situasi agar tetap kondusif,” ujar Wabup.

Selain itu, Wabup juga berpesan, agar calon yang tidak terpilih, supaya tidak terlalu berkecil hati, karena jika ingin memajukan desa sebetulnya tidak harus jadi kepala desa. “Banyak cara dan bidang untuk memajukan desa,” kata Wabup.

Wabup bersama Kabag Ops. Polres Jember, Kabag. Intelkam, Pasi Ops Kodim 0824 dan sejumlah OPD lainnya berada di tim kedua memantau tiga kecamatan wilayah selatan, yakni Ambulu, Wuluhan, dan Puger.

Di Kecamatan Ambulu ada tiga desa yang melaksanakan pemilihan dengan total pemiih sebanyak 36.079. Sedangkan di Kecamatan Wuluhan ada lima desa yang melaksanakan pemilihan, dengan total 65.312 pemilih. Di Kecamatan Puger ada 11 desa yang melaksanakan pemilihan dengan 82.476 pemilih.

Melihat pelaksanaan Pilkades, Wabup melihat antusiasme warga untuk berpartisipasi memilih calon kades sangat luar biasa. Pilkades yang menyita perhatian yang begitu besar dari masyarakat desa ini, masih kata Wabup, telah berjalan kondusif, aman, lancar, hampir tidak ada masalah. Dari semua lokasi yang dikunjungi, Wabup melihat Pilkades di Kecamatan Puger berjalan semarak dengan alur pemilih saat pemungutan suara tertata rapi. Bahkan ada CCTV di area pilkades.

Untuk Pilkades tahap berikutnya, Wabup mengingatkan agar calon menawarkan program-program yang akan dilakukan. “Sehingga masyarakat bisa memilih calon yang tepat, bukan malah mengungkapkan kesalahan calon lainnya,” pungkas Wabup. (*)


End of content

No more pages to load