SMP di Kota Blitar sudah mulai membuka PPDB Jalur Prestasi (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)
SMP di Kota Blitar sudah mulai membuka PPDB Jalur Prestasi (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kota Blitar 2020 jalur prestasi mulai dibuka. Pendaftaran tersebut dibuka selama  tiga hari mulai 24-26 Februari 2020. Proses pendaftaran jalur prestasi diserahkan ke masing-masing sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat mengatakan, pihaknya memberikan kuota pendaftaran jalur prestasi PPDB sebanyak 10 persen. Sementara untuk prosesnya sendiri dilakukan langsung di sekolah masing-masing.

"Pendaftaran jalur prestasi diserahkan ke masing-masing sekolah. Sekolah yang menentukan jenis prestasi untuk diterima lewat jalur prestasi. Prestasinya bisa akademik dan non-akademik," kata Didit, pada Selasa (25/2/2020).

Dia menambahkan, Dinas Pendidikan Kota Blitar menetapkan empat jalur dalam PPDB 2020/2021. Yaitu, jalur zonasi, jalur afirmasi (siswa tidak mampu), jalur pindah orang tua, dan jalur prestasi.

"Ada empat jalur PPDB untuk tahun ajaran 2020/2021
yakni, jalur zonasi, jalur afirmasi atau siswa tidak mampu, jalur pindah orang tua, dan jalur prestasi," urainya.

Wakil Kepala SMPN 1 Kota Blitar Urusan Kesiswaan, Akhiyadi mengatakan SMPN 1 membuka pendaftaran jalur prestasi bidang akademik dan non-akademik. Jalur prestasi akademik meliputi lomba OSN dan matapelajaran.

Untuk jalur prestasi non-akademik meliputi tari, lukis, musik, dan baca Alquran. "Kuota jalur prestasi di SMPN 1 sebanyak 29 siswa. Rinciannya empat siswa jalur prestasi akademik dan 25 siswa jalur prestasi non-akademik," katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, sampai saat ini sudah ada 53 pendaftar jalur prestasi akademik dan 41 pendaftar jalur prestasi non-akademik. Para pendaftar jalur prestasi non-akademik akan mengikuti tes kemampuan.

"Untuk jalur prestasi akademik hanya menyerahkan sertifikat atau piagam pernah mengikuti lomba OSN dan mata pelajaran," tambahnya.

Selain itu, SMPN 1 juga membuka jalur prestasi hafiz atau hafal Alquran. Kuota jalur prestasi hafiz hanya dua siswa. Minimal, siswa yang ingin mendaftar jalur prestasi hafiz harus hafal dua juz.

"Saat ini sudah ada empat siswa yang mendaftar jalur prestasi hafiz," jalasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Kota Blitar, Ainur Nurrochim mengatakan SMPN 3 hanya membuka jalur prestasi non-akademik. Kuota siswa jalur prestasi di SMPN 3 sebanyak 32 siswa. Sampai sekarang sudah ada 39 siswa mengambil formulir pendaftaran jalur prestasi di SMPN 3.

"Jalur prestasi non-akademik ini meliputi olahraga dan seni. Untuk olahraga, yang kami buka, sepakbola, catur, basket, pencak silat, dan taekwondo. Kalau seni yang kami buka, vokal, musik, dan seni rupa," paparnya.

Dia menampakkan, para pendaftar jalur prestasi non-akademik akan mengikuti tes kemampuan pada 2-4 Maret 2020 di SMPN 3. Hasil tes kemampuan akan dirangking.

"Pendaftarannya dari kota dan kabupaten. Kalau ada siswa kota dan kabupaten nilainya sama, akan kami prioritaskan yang siswa kota," tukasnya.(*)