Wisatawan saat berswa foto di Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (Foto: Dokumentasi Pribadi Triani Nurmalasari)
Wisatawan saat berswa foto di Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (Foto: Dokumentasi Pribadi Triani Nurmalasari)

Bagi kalian yang ingin berlibur menikmati keindahan padang pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menggunakan kendaraan bermotor sudah bisa leluasa lagi, Karena program Car Free Month (CFM) atau bulan bebas kendaraan di kawasan TNBTS sudah berakhir.

Artinya, wisatawan yang ingin mengunjungi TNBTS sudah tidak perlu khawatir dengan sulitnya akses. Karena CFM yang dimulai sejak 24 Januari 2020 lalu, telah berakhir kemarin (Senin, 24/2).

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan sebelumnya kebijakan CFM menjadi salah satu bagian dari perayaan Wulan Kepitu (bulan ke tujuh) di kawasan Gunung Bromo. Bulan ini dalam kalender Masyarakat Tengger dan masyarakat sesepuh dianggap sebagai bulan yang disucikan (megengan wulan kepitu).

"CFM juga menjadi salah satu implementasi 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan terhadap adat dan budaya masyarakat Tengger. Ini sekaligus upaya untuk memulihkan ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya," ujarnya.

Nah, dengan dibukanya kembali akses kendaraan di kawasan TNBTS pihaknya berharap wisatawan tetap menjaga kebersihan. Yakni, dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan apabila berkendara diimbau untuk tidak membuat jalur baru yang malah mengorbankan rumput-rumput asri di kawasan tersebut.

"Kita imbau untuk terus jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bagi wisatawan yang naik sepeda motor, jangan membuat jalur baru dengan mengorbankan rumput-rumput yang telah tumbuh asri di Savana, begitu juga untuk pengunjung yang menggunakan jasa jip," tandasnya.

Dibukanya akses kendaraan lagi dirasakan salah satu wisatawan asal Bandung, Jawa Barat Triani Nurmalasari. Ia bahkan sengaja merencanakan liburan ke kawasan TNBTS agar bisa dengan mudah menuju Gunung Bromo.

"Iya, udah jauh-jauh hari merencanakan liburan dan nunggu Car Free Month berakhir. Jadi berangkatnya senin malam, sampai sini (Bromo) sudah bisa akses kendaraan deh. Liburan di sini juga lebih mudah dan bisa buat foto-foto juga kan," ungkapnya.