Tampilan hitam dengan gambar setengah wajah laki-laki berkacamata dan dengan pesan bernada kasar pada tiga website resmi Pemprov Jatim yang tengah dihack (ist)
Tampilan hitam dengan gambar setengah wajah laki-laki berkacamata dan dengan pesan bernada kasar pada tiga website resmi Pemprov Jatim yang tengah dihack (ist)

Tiga website resmi Pemerintah Provinsi Jatim (Pemprov Jatim) saat ini tengah diretas hacker. 

Tiga situs tersebut yakni http://disnakertrans.jatimprov.go.id/
milik instansi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), http://kabnganjuk.jdih.jatimprov.go.id
website milik Kabupaten Nganjuk dan http://rsusaifulanwar.jatimprov.go.id/ milik Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

Peretas merubah tampilan ketiga website tersebut dengan tampilan yang sama, yakni sebuah gambar setengah wajah laki-laki yang memakai kacamata dan di atasnya terdapat sebuah kata bertuliskan Blackhat serta terdapat tulisan hacked berwarna biru.

Di bawah gambar tersebut, terdapat sebuah tulisan,  "GabriellaX - White System'./404 - Mercury.

Kalo mau jadi bugbounty, ya jadi bugbounty aja. kalo mau jadi white hat ya jadi white hat aja k******, gausah lo usik-usik dunia orang juga. sampe jadi cepu berkedok white hat gobloook, ilmu sering nyomot dari dunia hitam kok sok munafik anjing. mau lo kerja sama pemerintahan pun ga bikin lo keren k*****, sampah tetep sampah ya anjing.

[JavaneseTeam - Not 404 Found Cyber Team - PhantomGhost]".

Ketika dibuka, tiga website tersebut menampilkan tampilan yang sama, yakni tampilan hitam dengan gambar setengah wajah laki-laki yang memakai kacamata dan diatasnya terdapat tulisan Blackhat serta diikuti dengan pesan-pesan bernada kasar di bawahnya.

Pesan tersebut nampak menunjukan kemarahan dan kekecewaan terhadap seseorang. Sementara pada kolom address bar browser, bukan lagi bertuliskan nama situs website, melainkan berubah menjadi tulisan Celeng BSSN.

Diduga, GabriellaX , White System'./404, Mercury merupakan kode atau nama anonim dari peretas. Sementara, JavaneseTeam, Not 404 Found Cyber Team, PhantomGhost, diduga merupakan komunitas asal dari peretas tiga website pemerintah ini.

Dari penulusuran, PhantomGhost, nampaknya telah kerap kali beraksi meretas situs. Dari pencarian di Google, PhantomGhost sempat melakukan peretasan pada situs DracOs Linux, kemudian situs http://lib.mhs.unpas.ac.id/ dan beberapa situs lain.

Belum jelas, apa maksud dan tujuan dari peretas tersebut meretas tiga website resmi pemerintah ini. 

Agung Subagyo, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, ketika dikonfirmasi, perihal peretasan tiga website itu, belum bisa menjelaskan detail perihal peretasan tiga web tersebut. Pihaknya mengarahkan untuk mengonfirmasi pada bagian dinas terkait.

"Malam Mas. Mohon bisa konfirmasi di Dinas Kominfo," balasnya ketika dikonfirmasi melalui sambungan pesan WhatsApp.

Sementara itu, Fadil, sebagaimana pihak dari Kominfo yang sempat diarahkan pihak Humas untuk dihubungi, ketika dikonfirmasi melalui sambungan pesan maupun telfon WhatsApp, masih belum memberikan jawaban kendati pesan terkirim dan sambungan telepon telah tersambung.

Di sisi lain, Humas RSSA Kota Malang, Rusyandini Perdana Putri, ketika dikonfirmasi perihal yang sama melalui sambungan WhatsApp, juga masih belum memberikan jawaban benar tidaknya website RSSA menjadi korban peretasan. Hingga berita ini diturunkan, pihak-pihak terkait masih belum memberikan jawaban resmi.