Proses penyaluran BLT Dana Desa  mendapakan pantauan langsung dari Bupati Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Proses penyaluran BLT Dana Desa mendapakan pantauan langsung dari Bupati Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sampai dengan hari ini, lebih dari 30 desa di Kabupaten Lumajang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lumajang Samsul Arifin, MM menjelaskan, pihaknya selalu melakukan pantauan untuk mengetahui desa mana saja yang sudah mencairkan BLT Dana Desa tersebut.

Baca Juga : Polisi Warning Penyerobotan Suplai Bantuan JPS di Tulungagung

"Sampai hari ini sudah lebih dari 30 desa yang sudah menyalurkan dana desa tersebut. Karena sudah pernah menyalurkan pada bulan sebelumnya, kemungkinan untuk bulan ini akan lebih cepat selesai penyalurannya," kata Samsul Arifin.

Sebagaimana proses bulan lalu, penyaluran ini diawali dengan proses pengajuan lebih dulu. Jika proses pencairannya dari pemerintah pusat lancar, maka penyaluran di tingkat di tingkat desa juga akan lebih cepat selesai.

"Terggantung dari pemerintah pusat, jika dananya segera masuk ke rekening desa, maka proses di desa juga akan cepat," tutur Samsul Arifin kemudian.

Sebagaimana diketahui, penyaluran BLT Dana Desa ini menjadi perhatian khusus dari Bupati H. Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Ir. Hj. Indah Amperawati.

Pada penyaluran tahap pertama bulan lalu, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang berbagi tugas mendatangi sejumlah desa di Lumajang untuk memantau langsung proses penyaluran ini.

Baca Juga : Lama Tak Terdengar, Jalan Tol Lumajang Probolinggo Mulai Dibahas Lagi

"Kita ingin memastikan penyalurannya sudah sesuai dengan ketentuan. Makanya saya dan Bu Wabup sering turun ke desa-desa untuk menyaksikan proses penyaluran BLT Dana Desa tersebut," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq beberapa waktu lalu.